Penjelasan & setting WDS

Pengertian WDS

Wireless Distribution System, atau WDS, adalah sebuah sistem murah dan mudah untuk memperluas jangkauan jaringan wireless anda. Disebut murah, karena anda tidak perlu menggunakan kabel untuk menghubungkan setiap Access Point. Anda hanya perlu menggunakan WDS, dan setiap AP akan berkomunikasi melewati jalur wireless.
Intinya adalah, Radio Wireless bisa kita jadikan sebagai Station (Menerima) dan sekaligus bisa kita jadikan sebagai Acess Point (Mengirim). Memang dalam teori seperti ini, kita anggap sepele, namun pada prakteknya dilapangan, hal ini sangatlah bermanfaat besar.
Seperti halnya kemarin, ketika saya melakukan installasi jaringan di STTAL (Sekolah Tinggi Teknik Angkatan Laut) di Perak, Surabaya. Dengan WDS, kita bisa menghemat Kabel UTP, dan juga tidak perlu menata kabel yang begitu sulit, dengan masuk ke plafon, atupun di clem ke tembok.

Setting WDS

Repeater wireless pada DD-WRT disebut juga dengan Wireless distribution System (WDS) pada Firmware DD-WRT pada contoh kali ini menggunakan Linksys Wrt54Gl yang berfungsi sebagai perluasan coverage area jaringan Wireless.

wds linksys wrt54gl
Bagaimana supaya membuat supaya Linksys WRT54 tersebut dapat bertindak sebagai wireless repeater, berikut step by step gambaran instalsinya:
Catatlah informasi dari masing-masing Router seperti Mac Address, SSID dll, pada gambar di bawah
mac address
sesuai gambaran diatas, Router 1 bertindak sebagai Broadband dan router 2 menjalankan fungsi WDS, pada menu “network setup” set Router 1 & 2 seperti gambar di bawah :

Enable-kan DHCP server pada kedua Router tersebut, tetapi sesuaikan pengaturan Start IP Address Seperti gambar di bawah.
lalu pada Router 2 buatlah Disable Internet Connection-nya.
Bedakanlah SSID Router 1 dengan SSID Router 2.
Disable Wireless Security yang hanya dilakukan sementara, untuk mendapatkan performance WDS terbaik.
Pada menu WDS Router 1 : Daftarkan Mac address Router 2
Pada menu WDS Router 2 : Daftarkan Mac address Router 1
Seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah
Jika ada trouble yang sering ditimbulkan dengan cara WDS pada DD-WRT cobalah aktifkan DMZ -nya:

Posting Komentar

About This Blog

  © Blogger template Shush by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP